Manajemen strategis adalah seni dan ilmu dalam merumuskan, menerapkan, dan mengevaluasi keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuannya. Sebagaimana definisi tersebut hal ini menggambarkan bahwa manajemen strategis berfokus pada integrasi manajemen, pemasaran, akuntansi dan keuangan, produksi dan operasi, penelitian dan pengembangan (R&D), dan sistem informasi untuk mencapai kesuksesan organisasi. Berdasarkan hal tersebut, silahkan:
Jelaskan konsep manajemen strategis yang anda ketahui
Kerangka dasar manajemen Strategis
mempunyai 3 tahapan yang mana masing-masing tahapan mempunyai sub-sub tahapan.
Tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut.
a. Arsitektur strategi
Pada proses ini dilakukan sintesis
terhadap masukan strategi baik berupa arah maupun besaran. Proses ini merupakan
konstruksi dari strategi dan lebih kepada proses “apa”-nya strategi. Tahapan
ini terdiri dari 3 bagian, yaitu: 1) destinasi strategis, yaitu proses untuk
mendefinisikan serta melakukan sintesis ke mana arah strategi yang akan
dibangun. biasanya berupa visi dan misi suatu organisasi; 2) pemikiran
strategis, yaitu proses analisis dari lingkungan organisasi baik internal
maupun eksternal; 3) formasi strategis, yaitu proses formasi strategi
berdasarkan arah dan posisi yang didapatkan dari destinasi dan pemikiran
strategis.
b. Transformasi strategi
Tahapan ini terdiri dari proses
komunikasi strategi dan membuat ukuranukuran yang sesuai, dan menyelaraskan
dengan strategi. Kemudian, menyangkut penyelarasan setelah implementasi.
c. Implementasi strategi
Merupakan proses pelaksanaan strategi
yang melibatkan seluruh sumber daya yang dimiliki oleh organisasi. Sebagai
konsep dasar dalam memahami manajemen strategis, terdapat beberapa hal yang
harus diperhatikan, yaitu: 1) manajemen strategis merupakan sebuah proses; 2)
sebagai sebuah proses, manajemen strategissenantiasa berkesinambungan;
-
Menurut Teece et al. (1997: 509), the fundamental question in
the field of strategic management is how firms achieve and sustain competitive
advantage. Menurut Wheelen dan Hunger (2000: 3), Strategic
management is the set of managerial decisions and actions that determine the
long-run performance of a corporation. Sedangkan Pearce and Robinson
(2000: 3) mengatakan bahwa strategic management is the set of decisions
and actions that result in the formulation and implementation of plans designed
to achieve a company’s objectives.
-
Menurut Zahra (dalam Huff, 1982:123) manajemen strategik dapat
meningkatkan kinerja organisasi, efektif dalam menghadapi keadaan lingkungan
serta membangun kerja sama tim dan profesionalisme dalam organisasi. Sedangkan menurut Hendrawan (2003: 12) organisasi
yang menerapkan manajemen strategik menunjukkan kinerja finansial yang lebih
baik.
-
Kemudian
Jauch dan Glueck (1994: 87) menyebutkan bisnis yang melaksanakan manajemen
stratejik akan lebih efisien dan efektif. Sedangkan Miller dan Cardinal (dalam
Wheelen dan Hunger, 2000: 4) menyatakan bahwa organisasi yang menerapkan
manajemen strategik secara umum mengungguli organisasi yang tidak
menerapkannya.
-
Komponen
pokok manajemen strategik (Pearce dan Robinson,1994, 2003) adalah :
1). Analisis lingkungan bisnis yang diperlukan
untuk mendeteksi peluang dan ancaman bisnis;
2). Analisis profil perusahaan untuk
mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan;
3). Strategi bisnis yang diperlukan untuk mencapai
tujuan perusahaan ;
4). Visi dan misi perusahaan.
Sehingga dapat disimpulkan manajemen strategik adalah setiap usaha manajemen membangun keunggulan
dan mengurangi kelemahan perusahaan yang diperlukan untuk mengeksploitasi
peluang dan menghindari ancaman bisnis berdasar visi yang telah dimiliki.
Manajemen strategik memiliki 4 komponen
yaitu lingkungan bisnis, manajemen fisik, dan strategi. Berdasar isi pada
prosesnya, manajemen strategi kemudian mengenal beberapa mazhab, yakni
lingkungan sumber daya, basis nilai, ilmiah, dan prosesual.
Jelaskan apa yang membedakan
antara manajemen strategis dan perencanaan strategis!
1. Manajemen Strategis
-
manajemen strategis sebagai cara
menuntun organisasi/perusahaan pada sasaran utama pengembangan nilai korporasi,
-
kapabilitas manajerial, tanggung
jawab organisasi, dan sistem administrasi yang menghubungkan pengambilan
keputusan strategis dan operasional pada seluruh tingkat hierarki, dan melewati
seluruh lini bisnis dan fungsi otoritas perusahaan.
- serangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang dibuat oleh manajemen
puncak dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran suatu organisasi dalam rangka
pencapaian tujuan organisasi tersebut.
2. Perencanaan strategik
Perencanaan
strategis berhubungan dengan :
- visi
dan misi organisasi, proyeksi, pedoman dan taktiktaktik yang menunjang dalam
pencapaian tujuan organisasi.
- Perencanaan
strategis lebih berhubungan dengan analisis terhadap internal organisasi. Yaitu
analisis terhadap bentuk organisasi, apa tujuan organisasi, kekuatan dan
kelemahannya, peluang dan tantangan yang dihadapi serta analisis terhadap pasar/masyarakat
dari organisasi tersebut. Dengan terjawabnya pertanyaanpertanyaan tersebut,
maka sebuah organisasi akan mempunyai sebuah perencanaan yang baik sehingga
sebuah organisasi akan lebih siap menghadapi lingkungannya.
- Apa Pentingnya Penyusunan Akuntansi Keuangan bagi Bank Lembaga Keuangan Syariah terutama pada penetapan Tujuan
- Jelaskan Konsep Baitul Mal wa Tampil?
- Jelaskan Sejarah pendirian Akuntansi Keuangan Syariah Indonesia?
- Sebutkan dan jelaskan tujuan Laporan Keuangan Syariah?
Sumber referensi : Suwarsono.2020. Manajemen strategik Modul 1 dan 2) Tangerang Selatan Universits Terbuka
Komentar
Posting Komentar